Jumat, 03 November 2017

4 Tumbuhan Ajaib untuk Ibu Hamil

4 Tumbuhan Ajaib untuk Ibu Hamil

                Tahukah bunda, nutrisi yang bunda konsumsi sangat berpengaruh terhadap perkembangan buah hati. Kekurangan nutisi saat kehamilan dapat membahayakan bunda dan calon buah hati. Nutrisi seimbang bisa mengatasi berbagai macam gangguan perkembangan yang disebabkan karena kekurangan nutrisi tertentu seperti asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin B6, omega 3 dan protein. Beberapa nutrisi diatas dapat diperoleh dari tumbuhan, baik sayur maupun kacang-kacangan. Berikut beberapa tumbuhan yang sangat yang sangat bernutrisi untuk ibu hamil.

Bayam merah


Anemia karena defisiensi zat besi adalah masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Bayam merah adalah nutrisi yang kaya akan zat besi, vitamin A, vitamin C, dan kalsium. Karena kandungan zat besi yang lebih banyak (7 mg/100g), bayam merah dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk mencegah dan mengatasi anemia defisiensi zat besi.

Kedelai


    Kedelai adalah salah satu tumbuhan yang kaya akan omega 3. Selain omega 3 kedelai juga mengandung protein, asam folat dan serat dalam jumlah yang tinggi. Manfaat kedelai untuk ibu hamil adalah mencegah kecacatan selama kehamilan karena mengandung zat besi dan folat.
 

      Kacang almon

      Almon bisa menjadi asupan yang baik untuk ibu hamil, asalkan diolah dahulu dengan benar. Adapun manfaat kacang almon untuk hamil karena almond mengandung protein, vitamin E dan zat antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu mengonsumsi almon juga sangat baik untuk menjaga ibu hamil agar selalu bugar dan sehat karena protein yang terkandung dalam kacang almon. 

       Pisang

Pisang banyak mengandung vitamin B6 (2,1 mg/100 gram) dan kaya akan asam folat. Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan membantu perkembangan sistem syaraf bayi dan membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Mengonsumsi pisang pada tahap awal kehamilan dapat mencengah terjadinya cacat pada calon buah hati. Pisang juga mengandung kalium yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kaki agar tidak bengkak yang biasanya akan terjadi pada trimester ketiga.



 Daftar pustaka



1. Faktorfaktor yang Mempengaruhi Konsumsi Sayur dan Buah pada Ibu Hamil di Indonesia. Hanani, Zatalina, Suyatno and Fatimah, Siti. Semarang : s.n., 2016, Vol. 4.

2. Pemanfaatan Bayam Merah (Blitum Rubrum) untuk Meningkatkan Kadar Zat Besi dan Serat pada Mie Kering. Suwita, I Komang, Razak, Maryam and Putri, Rizqa Putri. 2013.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar