Sabtu, 04 November 2017

Poster Nutrisi Ibu Hamil

Poster Nutrisi Ibu Hamil 

Poster Menu Sehat bagi Ibu Hamil


1. Protein

Protein  diperlukan  plasenta  untuk  membawa  makanan  ke  janin,  pembentuk  hormon dan  enzim  ibu  dan janin. Adanya  kekurangan  energi  dan  protein menyebabkan terbentuknya  organ  yang  lebih  kecil dengan jumlah sel yang cukup dan ukuran sel yang  kecil  sehingga ukuran  plasenta  menjadi  kecil. Volume  darah  ibu  menurun  dan cardiac  output  tidak  adekuat.  Hal  ini  mengakibatkan  menurunnya  aliran  darah  ke plasenta diikuti transfer nutrisi berkurang sehingga pertumbuhan janin terganggu dan berdampak  pada  berat  badan  lahirnya.

 2. Kalsium

Asupan kalsium yang optimal dan status vitamin D ibu yang baik diperlukan untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang janin. Meningkatkan asupan kalsium ibu dan status vitamin D selama kehamilan mungkin memiliki dampak positif pada perkembangan tulang janin pada ibu hamil.

 3. Folat

Folat selama kehamilan mempengaruhi berat plasenta yang merupakan faktor penentu dari berat janin. Kekurangan folat selama kehamilan dapat mengakibatkan neural tube defect pada janin.

 3. Zat Besi

Kebutuhan akan zat besi juga mengalami peningkatan untuk pembentukan plasenta dan sel  darah  merah. Kekurangan zat besi dapat menimbulkan gangguan pada pertumbuhan janin baik pada sel tubuh maupun sel otak. Zat besi dikaitkan dengan anemia gizi besi, menjadi salah satu  kontribusi  terjadinya  anemia  ibu  hamil. Kondisi ini dapat mengakibatkan kematian janin dalam kandungan, abortus, cacat bawaan, berat lahir rendah dan menyebabkan bayi lahir dengan anemia.

 4. Vitamin C

Asupan vitamin C dapat membantu penyerapan besi sehingga dapat terserap lebih banyak saat di usus. Dengan mengonsumsi vitamin C ini dapat membantu meningkatkan Hb untuk mengurangi atau mencegah anemia. Vitamin C juga dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.

 5. Serat dan Cairan

Konsumsi serat saat kehamilan dapat membantu mencegah konstipasi pada ibu hamil. Selain dengan mengonsumsi makanan berserat bisa juga dengan minum air putih. Konsumsi air putih juga dapat  menhindarkan dehidrasi saat kehamilan.

Daftar Pustaka

1. Hubungan Asupan Gizi dan Status Gizi Ibu Hamil Trimester III dengan Berat Badan Lahir Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Suruh. Rukmana, Siva Candra. Semarang : s.n., 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar